Tags

, , ,

Tanggal cantik 11/11/11 tidak hanya dimeriahkan oleh banyaknya pasangan yang menggelar pernikahan di hari tersebut, tidak hanya ibu yang ‘memaksakan’ untuk memberi tanggal cantik untuk kelahiran anaknya dan tidak hanya gelaran akbar pembukaan Sea Games 2011.

Di tanggal itu juga di teman-teman dari Tanah Indie merayakan ulang tahunnya yang pertama yang diberi tema ‘November Ceria’.

Siang hari yang terik di Taman Segitiga KPJ. Berkumpul sejumlah komunitas kreatif di Makassar melukis bersama membuat mural.

Mural yang dibuat sebagai aksi terhadap ruang publik yang kian sempit karena baliho yang memenuhi kota sehingga memberi dampak polusi bagi masyarakat. Polusi visual.

Seni Rupa UNM menggambari baliho. (foto: Sapriady Putra)

Mural yang dibuat diambil dari beberapa baliho yang sudah kadaluarsa di beberapa titik di kota Makassar. Dari baliho tersebut dibuatlah suatu karya seni lukis dengan pesan-pesan yang ada di dalamnya berupa harapan untuk Makassar yang lebih indah ke depannya.

Komunitas-komunitas kreatif Makassar yang turut dalam kegiatan ini antara lain UKM Seni UMI, Kedai Buku Jenny, Hijau Himahi Unhas, Rumah Ide Makassar, RenWarin Management, Abba Art Studio, Kasumba, sejumlah mahasiswa Seni Rupa UNM, Indonesia Sketcher Makassar, dan Tanahindie. Beberapa seniman tampak hadir seperti Rimba, Zaenal Beta, dan Firman Djamil. – Tanah Indie

Kolaborasi Abba Art Studio dan Ren Warin Management. (foto: Sapriady Putra)

Kumpul Komunitas

Malam harinya, bertempat di Kampung Buku. Sejumlah komunitas kreatif kembali berkumpul untuk merayakan setahun Tanah Indie. Jalanan yang berhadapan tepat di depan Kampung Buku ditutup untuk acara dan dijadikan tempat berkumpul.

Komunitas yang bergerak di bidang sosial ikut hadir seperti Komunitas Pecinta Anak Jalanan (KPAJ) dan AcSI (Active Society Institute). Juga hadir pasukan rusuh dari Angingmammiri yang tidak pernah absen di tiap acara kumpul-kumpul.

Acara yang sangat meriah dan banyak hiburan yang disajikan oleh teman -teman berbagai komuitas kreatif seperti HipMacz, komunitas rap Makassar, Rumah Ide Makassar (RIM), Flasmob Makassar, GaSS (Galeri Seni STIEM Bongaya), dan hiburan akustik dari The Paparipi dan Eros ft. Mizwa.

Ikut memeriahkan sebagai buzzer acara, akun twitter yang cukup berpengaruh di kalangan anak muda Makassar. @mkstdkksr gerakan kampanye damai “Makassar Tidak Kasar” dan @SupirPete2 kamus berjalan yang berisi informasi apapun mengenai Makassar.

 

November Ceria

Hipmacz dalam November Ceria. (foto: Wanto)

Selamat ulang tahun Tanah Indie. Tetap berkarya untuk Makassar tercinta.

Advertisements