Tags

, , ,

Ayo Indonesia Bisa!

Minggu Malam, 31 Oktober 2011, Saya bersama teman-teman angingmammiri.org menghadiri press conference Torch Relay SEA Games 2011 di Resto Djuku Trans Mall Makassar. Acara tersebut merupakan rangkaian dari acara kirab obor api Sea Games 2011 yang kali ini mampir di kota Makassar. Kami dari penggiat sosial media diundang bersama beberapa dari wartawan nasional dan media elektronik lainnya.

Setelah dari acara tersebut kami diundang ke rumah jabatan Walikota Makassar untuk koordinasi teknis acara keesokan harinya. Mengenai kirab obor yang rencanya akan dimeriahkan oleh Walikota Makassar yang akan ikut berlari membawa obor bersama para atlet Sulawesi Selatan. Namun, dikeesokan harinya rencana tersebut dibatalkan karena sesuatu dan lain hal.

Hari Senin, 31 Oktober 2011, acara kirab obor api Sea Games 2011 diawali di rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan tepat pukul 4 sore. Api Sea Games diarak mengelilingi beberapa jalan di tengah kota Makassar. Di mulai dari depan rujab Gubernur menuju lapangan Karebosi lalu ke jalan Bulusaraung, Veteran, Sungai Saddang, Karunrung dan finish di kantor Koni Sulawesi Selatan di jalan Sultan Hasanuddin. Dari kantor KONI, api tersebut dibawa ke Anjungan Pantai Losari Makassar pada malam harinya.

 

Kirab obor diikuti oleh para atlet Sulawesi Selatan

 

Dalam kirab obor tersebut diikuti oleh ratusan atlet terbaik Sulawesi Selatan dan dimeriahkan oleh panggung musik keliling dan arak-arakan motor dibelakangnya. Suasana kirab obor yang riuh mendapat perhatian banyak masyarakat di setiap jalan yang dilewati iring-iringan pembawa obor.

 

 

Malam harinya di anjungan Pantai Losari telah disiapkan panggung rakyat dalam acara gelar budaya. Masih dalam rangkaian Torch Relay Sea Games 2011 di Makassar. Rencananya api Sea Games akan finish di anjungan Losari, tetapi malam itu cuaca lagi tidak bersahabat. Tiba-tiba hujan lebat dan angin kencang datang mengguyur kota Makassar termasuk di anjungan Losari.

Setelah menunggu sampai pukul 21.00 akhirnya hujan pun reda dan acara siap untuk dilanjutkan kembali.

Panggung acara dimeriahkan oleh Dian Ekawati sebagai pembuka acara, penyanyi lokal yang cukup terkenal di masyarakat Sulawesi Selatan. Dia membuka acara dengan lantunan lagu Angingmammiri dan sebuah lagu Toraja. Kemudian datanglah rombongan atlet yang membawa api Sea Games beserta Gubernur Sulawesi Selatan dan para jajarannya.

Para atlet membentuk sebuah ‘pagar’ yang akan dilalui oleh obor api Sea Games. Gubernur Sulawesi Selatan, bapak Syahrul Yasin Limpo menerima api Sea Games dari atlet Karate Nasional asal Sulsel, Arif Taufan Syamsuddin dan menyalakannya di anjungan pantai Losari dan disaksikan oleh ratusan masyarakat yang memadati.

Walaupun sempat hujan dan ditunda beberapa saat, namun antusiasme masyarakat kota Masyarakat dalam memeriahkan acara ini sangat besar. Acara ditutup dengan panggung hiburan rakyat yang dimeriahkan oleh band Cokelat.

Selanjutnya obor akan diterbangkan ke Jakarta melalui Balikpapan, Jumat, 4 November 2011. Perjalanan obor akan berakhir di lokasi pembukaan SEA Games XXVI di Palembang, Sumatera Selatan, 11 November 2011.

Api adalah simbol semangat, dan diharapkan dalam cara ini api Sea Games yang melalui beberapa kota di Indonesia dapat memberi semangat besar untuk bangsa kita terlebih untuk menghadapi event besar Sea Games XXVI 2011. Kita semua berharap dan berdoa semoga Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik dan menjadi juara umum.

Ayo Indonesia Bisa


 

Advertisements