Tags

, , ,

Blogilicious Fun Makassar, tema yang diangkat pada roadblog IdBlogNetwork (IBN) untuk kota Makassar. Acara yang berlangsung pada tanggal 21-22 Mei 2011 bertempat di Gedung PKP Universitas Hasanuddin. Kota Makassar sendiri adalah kota kedua dalam rangkaian roadblog IdBlogNetwork ini.

Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri diberi amanah sebagai panitia lokal dalam acara ini, dibantu beberapa panitia dari Mahasiswa Jurusan Komunikasi Unhas.

Antusiasme dari para peserta yang berjumlah kurang lebih 150 orang memberi semangat di Gedung PKP Sabtu pagi tersebut. Hari pertama acara Blogilicious Fun Makassar dibuka dengan tarian khas Sulawesi Selatan yakni tari “Paduppa”. Pembukaan acara yang cukup menghibur para peserta.

Setelah pembukaan acara Blogilicous Fun Makassar lalu dilanjutkan dengan coffebreak sebelum peserta memasuki materi seminar dan semi workshop.

Prof. Mustamar sang suhu blog tingkat dewa

Pada hari pertama peserta seminar langsung disuguhkan 5 materi yang sangat menarik.

1. Materi pertama yaitu Tips Blogging oleh bapak Amril Taufik Gobel. Blogger yang berasal dari Makassar dan cukup terkenal di dunia blog Indonesia. Beliau juga salahsatu pemenang untuk pergi berlibur ke Disneyland di Hongkong dari IdBlogNetwork. Materi yang diberikan sangat inspiratif bagi para blogger dan bagaimana kita menciptakan personal branding diri kita sehingga dikenal di blogsphere (dunia blog).

2. Etika  ngeblog oleh Mbak Ajeng merupakan materi kedua pada Blogilicous Fun Makassar ini. Materi yang diberikan berupa etika dan aturan-aturan yang harus kita patuhi patuhi dalam ngeblog. Ketika tombol ‘publish’ telah kita tekan, maka apa yang kita tulis merupakan konsumsi public dan kita harus bertanggungjawab terhadap setiap yang kita tulis dalam blog kita.

3. Materi yang ketiga dibawakan oleh bapak Setyo Budianto yang membahas Mobile Blogging. Mobile blogging telah menjadi kebutuhan bagi banya blogger dihari ini. Berbagai gadget dan smartphone telah banyak membantu kita sebagai blogger untuk tetap ngeblog di tempat dan di waktu manapun.

4. Iriyani Queencyputri member materi Social Media yang sangat menarik. Tentunya social media saat ini memberi maanfaat yang besar bagi dunia informasi, namun kegiatan ngeblog merupakan kasta tertinggi untuk para onliner. Social media salahsatu tempat kita bias mempromosikan blog kita.

5. Dan materi terakhir yakni Blogprenuer yang dibawakan oleh Asri Tadda. Salahsatu blogger asal Makassar yang telah sukses meraup dollar dari dunia blog. Beliau menceritakan pengalamannya dan tips untuk menjadi seorang blogprenuer. Materi yang sangat menarik sebagai penutup pada hari pertama seminar.

Di hari kedua seminar dan semi workshop Blogilicious Fun Makassar, para peserta tetap bersemangat. Terbukti dengan suasana di hari kedua yang masih ramai oleh para peserta. Acara sendiri dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lagu yang memberi semangat untuk jiwa nasionalisme kita.

Dihari kedua disuguhkan 4 materi yang dimulai dari Blog Themes hingga materi tentang keamanan (security).

1. Themes blog dibawakan oleh Mustamar Natsir. Salah satu blogger asal Makassar yang berkecimpung di dunia web developer. Tips dan trick yang diberikan dalam pemilihan tema dan desain blog yang kita kelola. Tema blog kita menunjukkan diri kita sendiri dan berusahalah menjadi diri kita sendiri di dalam dunia blog.

2. Materi kedua di hari kedua diisi oleh Kukuh TW dan mbak Rika Damayanti yang membahas tentang Blog Monetizing. Materi yang mengajarkan kita untuk bagaimana blog yang kita kelola bias dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Tetapi jangan uang yang menjadikan kita seorang blogger, tetapi jadikan blog sebagai hobi yang hobi itu bias menghasilkan uang.

3. Materi selanjutnya yakni SEO yang dibawakan oleh Mas Gempur. Presentase yang SEO banget. Beliau membahas dasar-dasar dalam dunia SEO.

4. Security menjadi materi terakhir yang dibawakan oleh Terren. Pemateri yang masih sangat muda. Waspada dan berhati-hati dalam setiap aktivitas online kita sehingga kita bias aman berselancar di dunia internet.

Setelah berbagai materi yang diberikan pada 2 hari acara Blogilicious Fun Makassar, acarapun ditutup dengan berbagai kuis yang diberikan.  4 peserta beruntung mendapat kesempatan untuk melakukan review pada acara roadblog IdBlogNetwork ini. Dan lomba semi SEO yang diberikan kepada seluruh peserta yang hadir pada Bligilicious Fun Makassar kali ini.

Akhirnya, acara roadblog IdBlogNetwork, telah berlangsung dengan sukses dan memberi semangat dan inspirasi para blogger Makassar untuk terus aktif dan berkarya.  Terima kasih untuk panitia local, para peserta dan pihak-pihak yang terkait dalam acara ini. Dan terakhir, terima kasih kepada IdBlogNetwork sebagai paguyuban para blogger seluruh Indonesia.

bersama @Andhy2 @irhapunya @_nanie_ & @rara79

 

 

Advertisements