Currently listening : Dala – Levi Blues

Kamis kemarin (29 Agustus 2009) menjadi hari yang sangat sibuk sekaligus menyenangkan buat para AM’ers (komunitas bloger Angingmammiri Makassar). Setidaknya ada 2 event yang diadakan yakni Blogshop Pesta Blogger 2009 dan Tudang Sipulung Blogger Makassar.
Sayangnya saya tidak sempat hadir saat acara Blogshop. Padahal acaranya diadakan di kampus saya sendiri. Kalau buka gara-gara urusan Lab yang nauzubillah ini, mungkin saya bisa tebar pesona ke 97 peserta yang mengikuti acara tersebut. Untungnya diacara yang kedua disore harinya saya berhasil melarikan diri dari laboratorium dan langsung meluncur ke restoran Pualam buat acara Tudang Sipulung.
Karena saya tidak hadir di acara Blogshop, jadi laporannya bisa langsung dibaca saja di web resmi pesta blogger disini. Ini foto-foto di acara Blogshop 2009 di kampus Unhas.

Acara kedua adalah Tudang Sipulung blogger makassar. Tudang sipulung dalam bahasa makassar artinya duduk berkumpul & ngobrol-ngobrol. Dalam acara tudangsipulung ini membahas tentang topik-topik khusus mengenai blog, pergaulan virtual, dan sosial media. Tudangsipulung rencananya akan menjadi agenda rutin tiap bulan yang akan diadakan oleh angingmammiri, dan acara yang kemaren adalah yang perdana.

Pada Tudangsipulung kemarin dihadiri sekitar 30 peserta dengan 3 pemateri, masing-masing Enda Nasution (bapak blogger Indonesia), Asri Tadda (Direktur Astamedia), dan Intan Baidoeri (wakil dari AM). Secara garis besar materi yang dibawakan membahas tentang kode etik dalam blogging, mengkritisi celah dalam UU ITE, dan fenomena facebook yang yang sedikit banyaknya mempengaruhi aktivitas dunia blog.


Dalam acara itu juga diadakan pengumpulan uang koin recehan sebagai gerakan Coin a Chance. Coin a chance adalah kampanye untuk membantu pendidikan bagi anak-anak kurang mampu agar bisa bersekolah kembali. Dengan uang receh yang kita punya, yang kadang kita tidak mempedulikannya, yang kadang kita hanya menempatkan disembarang tempat, namun koin tersebut bisa menjadi sangat berharga bagi orang lain jika kita mau mengumpulkannya dalam sebuah ‘celengan’.
Rencananya ‘celengan’ ini akan dijalankan pada setiap kopdar dan tudangsipulung sebagai bentuk kepedulian blogger terhadap pendidikan Indonesia.

Sekitar pukul 19.00 setelah sholat magrib dan buka puasa, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada peserta dan pemateri. Cukup banyak hadiah yang dibagikan, diantaranya mug dari dagdigdug, kaos pesta blogger 2009, goody bag dari Qwords.com, buku dari penerbit inninawa, dan domain serta hosting gratis. Dan acara pamungkasnya apa lagi kalau bukan foto-foto yang berdampak dengan penuhnya notifikasi facebook saya, 😀


Salam blogger, hidup blogger Indonesia !!

Advertisements