Tags

, ,

Pernah membayangkan sebuah gedung bisa bergerak dan berputar-putar?

Yah, itu akan menjadi kenyataan tahun 2010 mendatang.

Sebuah karya seni yang inovatif, sebuah mega proyek ambisius yang akan dibangun di Dubai..

THE DYNAMIC TOWER

The World’s First ‘Building In Motion’

hasil karya arsitek handal asal Italia, David Fisher

Bangunan ini memiliki 80 tingkat, dan tiap lantainya bisa berputar 360 derajat, bukan hanya sekali tapi berkali-kali, sehingga gedung tersebut selalu berubah bentuk.

Apartemen-apartemen seluas 420 meter persegi akan berputar 360 derajat perlahan-lahan dengan perintah suara, mengitari satu tiang pusat ditengah gedung. Apartemen-apartemen itu akan digerakkan oleh 79 turbin bertenaga angin yang ditempakan diantara masing-masing lantai.

Nah, sekarang liat sendiri nih gambarnya (klik gambar untuk memperbesar)

Bangunan ini memiliki 80 lantai, dengan tinggi sekitarΒ 420 m(hampir sama tingginya sama menara Petronas)
10 lantai teratas akan digunakan untuk luxury villa style apartments
kemudian 35 lantai dibawahnya untuk residential suites
kemudian 15 lantai dibawahnya lagi untuk extravagant hotel
dan 20 lantai terbawah untuk kantor dan pemasaran.
Bangunan ini akan menjadi simbol baru bagi Dubai.

ini gambarnya lagi.

Tower yang didesain dengan bersegmen-segmen tersebut mempunyai titik pusat, dan memungkinkan tiap lantainya untuk berputar secara independen pada kcepatan yg berbeda, secara terus menerus, menggunakan teknologi voice recognition, buat nentuin arah putarannya !! Hasilnya, pasti bikin gedung bentuknya jadi unik banget ya kan !!
Dan kerennya, bahasa untuk voice recognition ini diprogram agar bisa mengenali ‘kiri’ dan ‘kanan’ pada semua bahasa !!, sumpah Keren !!

Nah klo km liat gmbar di atas, tower tersebut bakal menyediakan elevator mobil hingga ke lantai 80

Tower tersebut berputar menggunakan energi photovoltaic cells teknologi turbin angin
Cell2nya bakal ditaro di permukaan tiap lantai.

di tower tersebut bakal ditaro 77 Turbin Angin !!

Yang paling menarik, tower ini akan menjadi gedung pencakar langit pertama yg bahannya dibuat terlebih dulu , yg ngebuat aja ada 600 tim dari Itali, dan 80 Tim yg diletakkan di lokasi pembangunan, disamping dari Ribuan pekerja lainnya !

Fisher mengatakan ongkos pembuatan gedung pencakar langit itu mencapai US$ 700 juta dan setiap unit apartemen di gedung itu akan dijual seharga US$ 3,7 juta hingga US$ 36 juta. Ada yg tertarik beli satu???

sumber : Forwarded Message from Firman Anggur [sfirman@batamec.com]

Advertisements