Celana jeans sudah jadi bagian hidup kita sehari-hari. Ke kampus, jalan”, ato kemana aja deh, pasti pilihan pertama buat celananya adalah jeans, mungkin karena simpel dan kuat, dan yg paling penting sudah jadi tren yang ga pernah ada matinya.

Tapi sudah pada tau ga sejarahnya celan jeans. Ini sedikit info mengenai asal muasal kenapa bisa ada yg namanya celan jeans, celana yg menjadi fenomenal dulu, sekarang dan sampe seterusnya….

———————

Saat demam emas melanda Amerika di tahun 1848, tersebutlah seorang pemuda usia 20 tahu dari New York berniat mengadu nasib. Namanya Levi Strauss

Di tempat asalnya ia adalah seorang penjual pakaian. Strauss berangkat ke California dengan berbekalkan beberapa potong tekstil untuk dijual selama perjalanan ke Barat.

Karena memang dasarnya berbekal nekat belaka, sesampai di California, Levi Strauss telah menjual semua barang yang dimilikinya, kecuali segulung kanvas. Segulung kanvas? Apa gunanya? Siapa yg mau membeli pakaian dari kanvas? Atau mungkin?

Di California, Strauss memperhartikan bahwa para pekerja tambang memiliki celana yang cepat sekali rusak. Untuk ini Strauss mencoba membuat celana kerja dari bahan kanvas dan menjual celana itu kepada para penambang. Celana dari kanvas itu laku keras, banyak penambang membeli celana kanvas dari strauss. Karena tidak sepenuhnya suka dengan bahan kanvas, Strauss mulai menggunakan bahan lain yang di pesannya dari Genoa, Italia.  Para pemintal disana menyebut bahan itu “genes” Strauss mengubah namanya  menjadi “jeans”, dan mulailah memproduksi celan jeans pertama yang diberi merek “Levi’s”

Hanya dalam waktu singkat celana ini menjadi “pakaian resmi” para penambang dan koboi, dan akhirnya menjadi “pakaian kebangsaan” oleh banyak orang. Termasuk menjadi celana kebangsaan bagi anak muda sekarang, bukan hanya anak muda, tapi memang jeans celana yg paling klop buat di pake, dan yang paling simpel, jadi ga salah ini celana paling banyak di pake…, yg awalnya ternyata buat para penambang…

Advertisements